bertanam jagung manis

Kiat dan Cara Menanam Jagung Manis Berkualitas Tinggi

Cara Menanam Jagung Manis – Jagung manis merupakan tanaman yang rentan pada hama, oleh karena itu cara menanam jagung ini sebaiknya mengikuti cara budidaya jagung yang baik dan benar. Meskipun budidaya jagung manis cukup menguras tenaga tetapi harga jual dari komoditas ini cukup tinggi sehingga sangat pontensial untuk dibudidayakan. Beberda dengan jagung biasa yang biasa dipanen ketika sudah tua, jagung manis dipanen ketika masih muda. Ya, karena jagung ini biasa dijual dalam bentuk jagung bakar atau rebus sehingga harus dipanen ketika jagung masih berusia muda.

Jenis jagung manis yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis dent dan flint. Jenis tanaman ini memiliki rasa yang cukup manis, penyebabnya adalah terjadinya proses mutasi gen resesif yang menghambat perubahan gula menjadi pati. Kadar gula pada jagung manis akan mulai meningkat ketika memasuki hari ke 5 sampai hari ke 15.

Langkah dan Cara Menanam Jagung Manis

Cara Menanam Jagung

Cara Menanam Jagung – pixabay.com

Budidaya jagung manis bisa dilakukan di banyak daerah, hal ini karena sifat dari tanaman ini yang sangat mudah beradaptasi lahan baru. Di Indonesia budidaya jagung manis dilakukan di daerah datara rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut. Bahkan di luar negeri ada yang menanam jagung di daerah dengan ketinggian mencapai 3.000 di atas permukaan laut.

Suhu lingkungan yang baik untuk menanam jagung ini berkisar di antara 21 sampai 27 derajat celsius. Sedangkan kadar ke asaman tanah yang baik untuk budidaya tanaman ini sekitar 5-8 pH. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari tanaman ini pastikan kebutuhan unsur hara pada tanaman tercukupi. Selain itu tumbuhan ini juga memerlukan zat nitrogen dalam jumlah yang besar. Agar tanaman bisa tumbuh dengan subur, pemberian pupuk sebaiknya perhatikan keseimbangan antara nitrogen, kalium (K) dan pospat (P).

Mengolah Lahan Tanam Jagung

Mengolah Lahan Budidaya Jagung Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *